Rabu, 23 Agustus 2023

MUSPPANITRA SMA Negeri 5 Kab. Sorong

Dokumentasi Musppanitra
Klamalu–Rabu, 23 Agustus 2023 Pramuka SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong, menggelar (MUSPPANITERA) Musyawarah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Puteri Putera), MUSPPANITERA dimulai pukul 13.00 WIT dan dibuka oleh Kakak Sulastri, S.Pd.I., M.Pd.I selaku penanggungjawab dalam ekskul pramuka di SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong, MUSPPANITERA merupakan forum atau pertemuan Pramuka Penegak warga ambalan sebagai wahana permusyawaratan untuk menampung aspirasi Pramuka Penegak warga ambalan ditingkat gugus depan.
Dalam kesempatan ini kakak lastri menyampaikan bahwa MUSPPANITERA merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dalam setiap gugus depan untuk memberikan Pendidikan berdemokrasi dan menanamkan nilai-nilai kebersamaan, rasa memiliki, kedisiplinan dan permusyawaratan suatu ambalan.
Kita pahamai bahwa Musyawarah merupakan suatu forum yang memiliki kedudukan tertinggi dalam menetapkan suatu kebijakan atau keputusan oleh sebuah organisasi, termasuk Ambalan SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. MUSPPANITERA yang digelar satu kali dalam setahun tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pengurus Kerja Ambalan tahun 2022. Atau mengevaluasi kinerja dari pengurus Ambalan putra dan putri, Selain itu MUSPPANITERA juga dimaksudkan untuk memilih pengurus Ambalan baru periode tahun 2023,” jelas Kakak Lastri.
MUSPPANITERA kali ini memiliki prosesi yang cukup singkat namun dalam pelaksanaannya tetap mengacu garis-garis besar dalam berdemokrasi, Di awali dengan pemilihan balonketra (bakal calon ketua putra) dan balonketri (bakal calon ketua putri), balonketra terpilih adalah Suryono dan Wisnu Nugroho, serta balonketri terpilih adalah Wafiq Aulia dan Ani Sipulung. Selanjutnya setiap balon memaparkan visi dan misi dalam debat terbuka yang masing-masing balon ini memiliki tujuan yang berbeda untuk mengukur kedalaman pengetahuan serta kesiapan balon bilamana nanti terpilih sebagai ketua. Puncaknya pada pemilihan ketra dan ketri. Dalam hal ini untuk putra memperoleh suara lebih banyak dibandingkan dengan suryono, sedangkan putri Ani Sipulung memperoleh suara lebih banyak. Kegiatan dilanjutkan pembacaan notulensi dan sidang perumusan untuk penetapan sebagai ketra dan ketri,”. Dalam penetapan ketua Ambalan Putra, Wisnu Nugroho yang memperoleh suara terbanyak, ternyata mengundurkan diri, dengan demikian Suryono di tetapkan sebagai ketua Ambalan tahun 2023. Sedangkan Ani Sipulung terus melaju dan menerima amanah yang telah di amanatkan oleh teman-teman lain.
Kakak Lastri sebagai pembina juga menyampaikan beberapa poin diantaranya MUSPPANITERA ini bertujuan memaksimalkan wahana pembelajaran berorganisasi, menyiapkan anggota untuk berdarma di masyarakat, seperti motonya, Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan, mendorong keputusan-keputusan, dan program kerja yang dapat memajukan Ambalan SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong, serta berharap mendapatkan pimpinan yang dapat membawa Ambalan SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong jaya dengan perolehan-perolehan prestasinya.
Dilaksanakan di gedung Aula SMA N 5 Kabupaten Sorong dengan jumlah 200 peserta kegiatan yang terselenggara dari pukul 13.00 hingga 14.15 berjalan baik dan lancar. Pesan Kakak Lastri pada penutupan sesi acara, ”jadilah pemimpin yang amanah yang penuh impian prestasi,” ujarnya.(Aji)

1 komentar:

  1. Semangat Pramuka di SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong memang lua biasa,,,, Mantul Pokoke....

    BalasHapus