Jumat, 22 September 2023

UPACARA BENDERA

Senin, 18 September 2023 Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong sebagai bentuk realisasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) tentang Nasionalis ataupun kecintaan terhadap tanah air, selain itu upacara bendera juga melatih kita untuk disiplin, sesuai dengan permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Bunyi Pasal 3 Permendiknas Nomor 22 tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, setidaknya ada 6 tujuan upacara bendera di sekolah, di antaranya sebagai berikut: 
1.  Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia 
2.  Membiasakan bersikap tertib dan disiplin 
3.  Meningkatkan kemampuan memimpin 
4.  Membiasakan kekompakan dan kerjasama 
5.  Menumbuhkan rasa tanggung jawab 
6.  Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.
Upacara bendera kali ini sebagai irup adalah Kapolres Sorong yang dalam hal ini diwakili oleh Kasipropam Polres Sorong. Wujud kerjasama antara sekolah dengan kepolisian, hal semacam ini telah berjalan dengan baik dan dibangun sudah bertahun-tahun oleh SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong, bukan hanya bekerja sama terhadap kepolisian, namun kepada TNI, Dinas Kesehatan, Distrik dan Keluarahan yang ada disekitar sekolah. Dalam amanatnya beliau menyampaikan tentang displin siswa dalam berkendara, tidak merokok dan larangan penggunaan NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). Upacara Bendera bendera yang dilaksanakan setiap hari senin di sekolah memiliki dampak yang luar biasa bagi peserta didik, karena dengan mengikuti upacara bendera secara rutin dapat membentuk karakter seseorang, menumbuhkan jiwa kepemimpinan para siswa dan rasa tanggung jawab bersama. 
Selain hal tersebut, manfaat lain dari upacara bendera, di antaranya adalah sebagai berikut: 
  1. Meningkatkan Kekompakan, ketika mengikuti upacara bendera, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara. Sehingga hal ini bisa menunjukkan rasa kebersamaan selama mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir. 
  2. Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme, upacara menjadi salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan, sehingga dengan upacara bendera dapat memupuk rasa nasionalisme peserta didik. 
  3. Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan, dalam hal menumbuhkan jiwa kepemimpinan, pada setiap pelaksanaan upacara bendera siswa sebagai petugas upacara, sehingga hal ini menuntut siswa-siswi untuk bisa memimpin jalannya upacara dengan baik dan benar. 
  4. Membiasakan Berpakaian Rapi, saat pelaksanaan upacara berlangsung, secara sadar para siswa mengenakan atribut sekolah secara lengkap seperti topi, dasi sehingga pakaian terlihat rapi. 
  5. Membiasakan Disiplin, Manfaat upacara bendera lainnya yaitu dapat membiasakan para siswa untuk berperilaku disiplin. 
Semoga semakin banyak siswa yang mengetahui makna dari kegiatan upacara bendera serta semakin bersemangat dalam melaksanakannya. 
https://www.merdeka.com/jateng/6-tujuan-upacara-bendera-beserta-manfaatnya-yang-perlu-diketahui-kln.html

2 komentar: