Sabtu, 15 Juli 2023

IN HOUSE TRAINING (IHT) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMAN 5 KABUPATEN SORONG

Dokumentasi pembukaan IHT
Sebuah perjalanan Panjang yang dilalui oleh SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong untuk turut dalam hal mensukseskan program pemerintah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada setiap satuan Pendidikan. Diawali oleh seleksi nasional se-Indonesia sebagai Sekolah Pengerek diikuti oleh puluhan ribu sekolah SD-SMA agar dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Tidak berhenti pada hasil seleksi dimana SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong, Alhamdulilah salah satu dari 4000 sekolah yang lolos seleksi menjadi Sekolah Pengerak dan 2 sekolah lain yaitu SMA Negeri 3 Kabupaten Sorong dan SMA YPK Bethel Aimas. 
     Setelah lolos dalam seleksi dan penjaringan sebagai Sekolah Pengerak, tentunya menjadi wajib menerapkan Kurikulum Merdeka pada kegiatan pembelajaran di sekolah, Untuk meninaklanjti hasil seleksi Sekolah pengerak, pemerintah melalui kementerian terkait melaksanakan diklat secara daring untuk komite pembelajaran Program Sekolah Pengerak (PSP) Angkatan ke 3. SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong di ikuti oleh Bapak Kepala Sekolah I Ketut Widura, S.Pd., M.Pd, Ibu Ida Suswanti, M.Pd.I dan Bapak Parluji, S.Pd., M.Pd. dan seorang pengawas pendamping sekolah. Selama kurang lebih 1 Bulan kami dibekali pengetahuan tentang kurikulum merdeka dan pada akhirnya wajib diterapkan/di implementasikan pada satuan Pendidikan. 
     Sebelum kami menerapkan Kumer di satuan Pendidikan, tentu kami bertiga yang telah mengikuti diklat wajib mensosialisasikan kepada rekan-rekan dalam satuan Pendidikan melalui In House Training (IHT). IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. Saat ini materi IHT adalah Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik sebagai bagian pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang mereka miliki dengan yang mereka hadapi dalam bekerja.       Senin, 10 Juli 2023. Bertempat di Aula SMAN 5 Kabupaten Sorong, mulai dilaksanakan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka. Adapaun materi yang di sampaikan dalam IHT ini adalah :
1. Orientasi Program dan Pelatihan (PSP) 
2. Pengenalan Platform Merdeka Mengajar (PMM) 
3. Refleksi Kurikulum Merdeka 
4. Pembelajaran dan Asesmen 
5. Pemahaman Capaian Pembelajaran 
6. Merancang Pembelajaran 1 
7. Merancang Pembelajaran 2 
8. Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan 
9. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
10. Pengenalan Platform Teknologi Prioritas SP (SDS) 
11. Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka 
12. Asesmen Layanan Bimbingan Konseling 
13. Strategi dan Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling 
     IHT dilaksanakan selama 1 minggu full, dari tanggal 10 Juli 2023 sampai dengan 15 Juli 2023 dan bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong, Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong, Koordinator Pengawas Pembina. Untuk pemateri sesua juknis wajib berasal dari komite pembelajaran yaitu pertama yaitu Bapak I Ketut Widura, S.Pd. M.Pd (Kepala Sekolah), pemateri kedua Ibu Ida Suswanti, M.Pd.I. #Aji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar